img

Proses Pembuatan Mie Telur Di Pabrik Mie yang Berkualitas

Mie adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu dan bahan-bahan pembuat adonan lainnya sehingga membuat mie kenyal dan berprotein tinggi. Umumnya mie memiliki bentuk panjang dan kecil sehingga saat dimasak akan menjadi sesuatu yang  bertumpuk dan mudah dimakan menggunakan garpu ataupun sumpit. Mie sendiri memiliki tekstur kenyal dan ada berbagai toping yang bisa ditambahkan. Bahkan sekarang ada berbagai varian rasa yang bisa ditambahkan ke mie, mulai dari asin sampai pedas.

Terlepas dari mie, apakah kamu sudah mengetahui proses pembuatan mie itu seperti apa? Memang perbuatan mie rumahan dan pabrik itu berbeda ya, mie buatan rumahan terbilang sederhana dan umumnya dibuat manual dengan tangan. Lain halnya dengan mie pabrik yang dibuat otomatis dengan menggunakan mesin khusus pembuat mie dan digunakan untuk membuat mie yang banyak. Lantas seperti apa sih proses pembuatan mie yang ada dipabrik? Simak pembahasan singkatnya sebagia berikut agar kamu paham seperti apa proses pembuatan mie pabrik yang bisa langsung dikemas.

 

  1. Pencampuran bahan dan pembuatan adonan

Proses pencampuran ini adalah proses yang akan mengadu bahan-bahan untuk membuat mie. Mulai dari mencampurkan tepung terigu, garam, pengembang dan bumbu-bumbu lainnya agar bisa tercampur meratan dan bisa membuat adonan mie dengan baik. Pencampuran ini memakan waktu kurang lebih 30 menit tapi itu juga kembali lagi kepada jumlah mie yang akan dibuat, jika semakin banyak mie yang akan dibuat maka semakin lama juga proses pencampurannya agar bisa membuat adonan lebih merata dan tercampur dengan baik.

 

  1. Pembentukan mie menggunakan mesin khusus

Proses selanjutnya setelah pencampuran mie telah dibuat dan adonan sudah siap maka mesin dipabrik akan langsung mencetak mie sesuai kebutuhan. Misalnya untuk mengatur ketebalan dan ukuran mie sehingga tidak terlalu over saat dimasak nanti. Pembentukan mie ini berfungsi untuk menambahkan ciri khas mie dan agar mudah juga saat dimakan nanti. Proses pencetakan atau pembentukan mie ini bisa berlangsung beberap jam karena semua adonan yang dibuat tadi harus benar-benar dibentuk sesuai ukuran dan ketebalan yang sudah disesuaikan.

 

  1. Pengukusan dan penggorengan

Setelah mie dibentuk, mesik pabrik akan secara otomatis mengukus mie kedalam sebuah sebuah mesin untuk nantinya dimatangkan dengan teknik steam basah yang membuat mie lebih keras. Lalu selanjutnya mie akan dipotong-potong dan digoreng dengan suhu yang sudah ditentukan agar tingkat kematangan mie bisa lebih disesuaikan. Agar nantinya mie bisa menjadi lebih kering karena uap air menghilang dan menjadikan mie lebih tahan lama.

 

  1. Pendinginan dan penyempurnaan mie

Proses pendinginan ini dilakukan saat setelah mie yang dikukus dan digoreng tadi agar bisa membuat mie lebih padat dan keras. Pendinginan ini dilakukan didalam sebuah ruangan yang memiliki suhu tertentu dan juga kipas sebagai pembantu untuk meniriskan mie. Setelah mie diritiskan, mie akan dibawa untuk kemudian di dinginkan menggunakan sebuah alat yang berputar cepat sehingga menghasilkan pembentukan mie yang padat dan keras.

Proses pendinginan ini sangat penting untuk dilakukan karena selain untuk membuat mie menjadi lebih siap saat dikemas nanti, proses pendinginan juga membuat mie menjadi lebih tahan lama dan teksturnya juga baik saat dimakan.

 

  1. Pengemasan dengan rapi

Proses terakhir untuk mei dipabrik yang siap dimakan adalah proses pengemasan. Proses pengemasan ini dilakukan dengan mesin yang setelah mie dipotong dan didinginkan tadi bisa langsung dikemas dengan baik. Proses ini memungkinkan mie untuk bisa dimasukan kedalam kemasan yang tertutup rapat namun tidak mempengaruhi isi dan berat mie sehingga saat proses distribusi bisa lebih aman.

 

Nah, itulah proses-proses yang dilakukan pabrik mie untuk bisa membuat mie yang berkualitas dan enak. Pembuatan mie pabrik ini memang memakan waktu yang cukup lama dan memerlukan perhatian khusus agar bisa membuat mie dengan baik.

 

Rekomendasi kami untuk membeli mie telor dengan merek Unggul Mie Seperti Mie Telor Cap Ulung yang dapat ditemui di supermarket dan pasar terdekat. Rasa enak dan kenyal menjadi pilihan terbaik untuk membuat resep mie telor andalamu sendiri. Kami juga memiliki Mie telor cap Mikuator dan Mie telur cap sari utama. Paling sedap untuk di santap di berbagai menu mie seperti mie rebus, mie goreng, mie tek tek, dan lain lain

Leave a comment